Cara hidup sehat alami – Semua orang ingin memiliki bentuk tubuh ideal, tak terlalu gemuk dan tak terlalu kurus. Kalian tentu beranggapan sama, dimana dengan bentuk badan yang ideal bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Sebenarnya, bentuk tubuh ideal itu sendiri adalah hal subjektif. Sehingga cara menurunkan berat badan penilaian bentuk tubuh ideal menurut Kalian mungkin saja berbeda dengan penilaian bentuk tubuh ideal menurut orang tua Kalian, teman, atau orang lain. Untuk mengecek berat badan ideal, Kalian harus tahu bagaimana cara untuk menghitung berat badan terlebih dulu.

cara menurunkan berat badan

Menghitung Berat Badan Menggunakan Kalkulator BMI

BMI atau Body Mass Index adalah perhitungan kalkulasi menurut berat badan dan tinggi badan Kalian lalu dihitung serta diketahui apakah Kalian memiliki berat badan ideal ataukah terlalu gemuk atau kurus. Perhitungan berat badan memakai kalkulator BMI itu sendiri bisa dimulai sejak usia 20 tahun. Berbeda lagi dengan pengukuran berat badan ideal untuk usia di bawah 20 tahun. Sayangnya cara perhitungan berat badan ideal memakai kalkulator BMI sendiri bisa menyesatkan bagi olahragawan atau para atlet. Hal tersebut disebabkan berat badan itu sendiri dilihat dari massa ototnya. Sehingga BMI bisa saja menunjukkan Kalian kegemukan, meskipun kenyataannya tidak.

Ada beberapa hal yang diperhatikan dalam perhitungan berat badan ideal, diantaranya :

  1. Angka BMI normal biasanya mulai dari 18,5 – 25.
  2. Saat angka BMI Kalian berada di atas 25, itu artinya Kalian beresiko mengalami osteoarthritis, diabetes level 2, kanker, dan penyakit jantung.
  3. Sebaiknya Kalian yang angka BMI-nya berada di bawah 18 dan di atas 27, meminta saran pada ahli gizi atau dokter, atau bisa juga dengan cara menjalankan gaya hidup sehat agar memiliki berat badan ideal.
  4. Jika nilai BMI Kalian berada di bawah angka 18, bisa beresiko tinggi mengalami osteoporosis.
  5. Jika nilai BMI Kalian berada di atas 40, sebaiknya harus berhati-hati mengingat situasinya bisa sangat berbahaya.

Adapun rumus menghitung berat badan ideal yaitu :

Berat Badan Ideal = BB (Kg) / Tinggi Badan (m)

Dengan keterangan :

  1. BMI dibawah angka 17, maka termasuk kategori kekurangan BB.
  2. Angka BMI yang normal di kisaran 18.5 sampai 25.
  3. Angka BMI di atas 25 tergolong kelebihan BB ringan.
  4. Sedangkan jika nilai BMI di atas 40, sebaiknya Kalian harus berhati-hati sebab Kalian termasuk golongan berat badan berlebih dan hal ini sangat berbahaya.

Menghitung Berat Badan Dengan Rumus Brosca

Cara perhitungan berat badan ideal dengan rumus Brosca sendiri ditemukan pertama kali oleh Pierre Paul Brosca. Adapun rumus Brosca tersebut terdiri ke dalam 2 bagian, bagi laki-laki dan perempuan, seperti berikut :

  • Menghitung berat badan ideal laki-laki (kg) = (tinggi badan (cm) – 100) – ((tinggi badan (cm) – 100) x 10%)
  • Menghitung berat badan ideal perempuan (kg) = (tinggi badan (cm) – 100) – ((tinggi badan (cm) – 100) x 15%)

Misalnya Kalian para wanita yang memiliki tinggi badan 165 maka perhitungan berat badan idealnya adalah sebagai berikut :

(165 – 100) – ((165 – 100) x 15%) = 65 – 23.25 = 41,75.

Terkadang kita hanya melakukan perhitungan berat badan ideal menggunakan cara pengurangan tinggi badan dikurangi 100. Bagi Kalian, hasil pengurangan tersebut ialah berat badan normal, tapi  sebenarnya bukanlah berat badan ideal.

minuman diet

Jika Kalian sudah menghitung berat badan dan ternyata berat badan Kalian tergolong berlebih, sebaiknya jalankan pola hidup sehat untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Jika Kalian hobi makan, sebaiknya buat rencana untuk diet. Kalian bisa membuat rencana jangka Panjang dan jangka pendek mengenai camilan-camilan, makanan sehat, motivasi, rutinitas olahraga, dan berbagai ide lainnya. Kalian juga dapat membuat strategi untuk menjaga bobot badan, seperti dengan mengkombinasikan makanan sehat dan makanan-makanan favorit.

Ketika Kalian memakan berbagai jenis makanan, tanpa disadari semakin bertambah pula kalori di dalam tubuh. Biasakan tubuh Kalian agar terus aktif bergerak, dengan banyaknya kegiatan fisik yang dilakukan bisa membantu mengendalikan berat badan. Dengan demikian berat badan Kalian tetap langsing dan ideal!

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *