Masalah pada pencernaan memiliki banyak pengaruh pada kesehatan tubuh. Tidak hanya mempengaruhi kesehatan saja tapi bagi kaum hawa juga menjadi masalah besar karena bisa membuat berat badan menjadi naik. Semua orang tentu menginginkan sistem pencernaan yang bagus sehingga akan memberikan kenyamanan. Kesehatan pencernaan dipengaruhi oleh pola hidup sehat. Tidak hanya itu para wanita berlomba-lomba untuk melakukan diet, salah satu tips diet alami ialah memastikan pencernaan berjalan dengan lancar.

Tubuh manusia bisa menyerap nutrisi atau sari-sari makanan dengan baik apabila pola makan sehat rutin diterapkan. Nah, mengkonsumsi makanan yang salah malah akan memicu permasalahan pada pencernaan. Semua wanita tentu menginginkan bentuk tubuh yang ideal dan sebagai salah satu cara yang sering mereka lakukan ialah dengan menjalani program diet. Memang banyak sekali saat ini orang-orang yang menjual berbagai obat atau ramuan untuk penurun berat badan dan melancarkan pencernaan.

pola makan sehat

Ada beberapa tips yang akan kami bagikan untuk melancarkan pencernaan dan BAB. Yuk simak ladies.

Konsumsi Makanan Kaya Serat

Tahukah anda bahwa serat adalah hal yang wajib dan harus terpenuhi setiap harinya untuk tubuh? Tubuh membutuhkan asupan serat kira-kira 25 gram setiap hari yang akan membuat sistem pencernaan bekerja dengan baik. Cukupnya asupan serat dalam tubuh akan menghindarkan kita dari berbagai masalah pencernaan. Seperti sembelit, wasir, divertikulosis, dan iritasi usus. Bagi anda kaum wanita yang ingin menurunkan berat badan maka sebaiknya rajin mengkonsumsi makanan berserat. Makanan yang kaya dengan kandungan serat bisa diperoleh dari sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan juga biji-bijian.

Probiotik

Apa itu probiotik? Merupakan bakteri baik yang sangat mirip dengan bakteri yang ada dalam usus. Bakteri baik ini bisa membantu tubuh melawan bakteri-bakteri jahat, meningkatkan proses penyerapan nutrisi, dan juga mampu meningkatkan sistem imun pada tubuh. Konsumsi makanan yang tinggi kandungan probiotik bisa membuat kesehatan pencernaan terus meningkat. Probiotik terdapat pada makanan fermentasi yakni seperti tempe, yogurt, oncom, dan banyak yang lainnya.

Kurangi Makanan yang Berlemak

Salah satu nutrisi yang tergolong sulit untuk dicerna oleh tubuh ialah lemak. Hal ini yang menyebabkan lemak bertahan lama pada pencernaan. Mengkonsumsi makanan berlemak terlalu banyak juga menjadi salah satu masalah meningkatnya berat badan, oleh karena itu tidak heran banyak wanita menjauhi makanan berlemak karena akan membuat mereka terlihat gemuk. Saat mengkonsumsi makanan berlemak membuat kita menjadi sangat kenyang sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Tidak ada larangan untuk mengkonsumsi makanan berlemak jika ingin melancarkan pencernaan dan BAB, namun sebaiknya batasi. Sebaiknya konsumsi makanan dengan cara olahan rebusan, ditumis, dipanggang, atau juga bisa dikukus.

Sehat dan Langsing

Banyak Konsumsi Air

Dengan mengkonsumsi banyak air putih sangat baik bagi kesehatan dan juga akan sangat membantu memperlancar sistem kerja pencernaan. Diketahui air yang dikonsumsi mampu memecah lemak yang sehingga tubuh mampu mencerna lebih mudah.

Makan Secara Perlahan

Ini mungkin adalah hal yang sangat sepele dan merupakan bentuk dari pola makan sehat, jangan makan dengan tergesa-gesa. Kenapa? Makan dengan perlahan akan member cukup waktu bagi pencernaan agar bisa mencerna makanan lebih baik. Sehingga semua nutrisi dari makanan yang dikonsumsi mampu diserap keseluruhan oleh tubuh kita.

Hindari Tidur Setelah Makan

Pada saat proses mencerna makanan agar berjalan dengan lancar dan baik maka sebaiknya dalam posisi yang tegak. Apabila setelah makan dan langsung tidur maka hal tersebut akan menimbulkan masalah bagi sistem pencernaan. Biasanya sehabis makan memang mata terasa sangat mengantuk dan segera ingin tidur, tapi jangan langsung tidur tunggu sebaiknya 2 – 3 jam. Agar makanan tersebut bisa tercerna dengan baik oleh tubuh.

Aktif Bergerak atau Olahraga

Kaum hawa yang ingin menurunkan berat badan, maka dalam salah satu program diet pasti dianjurkan untuk melakukan olahraga. Kenapa? Ternyata saat badan berolahraga atau aktif bergerak, maka hal akan sangat membantu sistem kerja pencernaan. Badan yang aktif bergerak bisa membantu melancarkan proses kerja makanan dalam usus. Dengan terus aktif bergerak atau berolahraga juga bisa menghindari penyakit-penyakit berbahaya seperti diabetes dan jantung.

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *