Selalu memperhatikan beberapa perubahan dalam tubuh adalah hal yang wajib dilakukan. Hal ini berkaitan agar tubuh senantiasa sehat dan tidak berisiko terkena penyakit serius. Pasalnya, saat ini gaya hidup sehat sudah jarang sekali dilakukan.

Salah satu bagian tubuh yang diperhatikan adalah bagian perut. Rupanya perut buncit bisa menjadi hal yang sangat serius. Nah, berikut ini beberapa penyakit berbahaya yang perlu diwaspadai dari perut yang buncit.

Waspada Penyakit Berbahaya Dari Perut Buncit

Penyakit perut buncit

  1. Stroke, serangan jantung dan penyakit jantung

Lemak yang ada di dalam perut buncit dinamakan dengan lemak viseral. Lemak inilah yang akan mengelilingi hati dan menurunkan kerja hati. Bahkan, lemak viseral ini memicu risiko penyakit jantung. Pasalnya, lemak viseral yang membuat perut buncit merupakan lemak yang menghasilkan racun dan menjangkit tubuh yang bekerja.

Di dalam lemak viseral sendiri ada komponen kimiawi yang dikenal dengan sitokin. Sitokin inilah yang menyebabkan risiko penyakit jantung meningkatkan. Sebenarnya, tingginya lemak viseral sangat berkaitan dengan meningkatnya lemak jahat atau kolesterol di dalam tubuh.

Tentunya kolesterol yang berlebih akan meningkatnya risiko penyumbatan aliran darah akibat pembentukan plak. Hal inilah yang menyebabkan kerja jantung terganggu. Selain itu, aliran darah yang tersumbat juga membuat darah tidak mengalir dengan baik menuju otak, sehingga risiko stroke bisa terjadi.

     2.  Diebetes tipe 2

Perut yang buncit dikarenakan adanya tumpukan lemak viseral juga bisa mengganggu kerja hormon insulin. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya risiko terkena diabetes melitus, walaupub kamu tidak memiliki riwayat keluarga penderita diabetes.

Hal ini dikarenakan lemak viseral bisa membentuk retinol binding protein. Komponen itulah yang meningkatkan resistensi akan insulin. Jadi, orang yang memiliki perut buncit akan berisiko mengalami diabetes melitus lebih tinggi.

      3. Tekanan darah tinggi

Lemak viseral juga bisa berisiko menyebabkan tekanan darah tinggi. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa resiko tekanan darah tinggi meningkat 22% pada orang dengan perut buncit dibandingkan orang yang tidak memiliki perut buncit.

Hal ini dikarenakan lemak viseral bisa mengganggu kerja ginjal dan kelenjar adrenal.

Padahal kedua organ tersebut memiliki peranan yang penting untuk mengatur tekanan darah. Jadi, pengaruh akan lemak viseral bisa menyebabkan organ tersebut bekerja dengan baik dalam mengontrol tekanan darah.

      4. Kanker

Kanker adalah penyakit yang menjadi momok semua orang. Pasalnya, kanker merupakan penyebab kematian terbesar saat ini. Nah, perut yang buncit memiliki resiko terkena kanker lebih besar.

Hal ini dikarenakan adanya tumpukan sitokin di dalam lemak viseral. Sitokolin sendiri merupakan racun yang bisa menyebabkan peradangan. Peradangan inilah yang menyebabkan perubahan sel yang sehat menjadi sel kanker.

Beberapa jenis kanker yang sering terjadi adalah kanker kolorektal dan payudara. Maka tidak heran, lemak viseral adalah lemak yang berbahaya.

Langkah pencegahan

Pastinya tidak ingin bukan mendapatkan penyakit berbahaya di atas akibat perut buncit. Salah satu cara menghindarinya adalah menurunkan lemak di dalam perut.

Caranya adalah dengan melalukan diet alami. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi buah plum. Hal ini dikarenakan plum sendiri memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Sehingga memudahkan dalam sistem pencernaan dan menghindarkan penumpukan lemak. Selain itu, buah plum juga rendah akan kalori. Bahkan, buah asam yang satu ini membantu menurunkan lemak di perut dengan sangat cepat.

Tips hidup sehat lainnya agar terhindar dari perut buncit adalah dengan rajin berolahraga. Tidak perlu olahraga yang berat, asalkan olahraga yang kamu lakukan rutin dan teratur, minimal 2 kali dalam seminggu. Selain itu, ada cara alami lainnya yang bisa kamu lakukan, yakni menjaga pola hidup sehat. Pola hidup yang sehat adalah menghindari mengonsumsi alkohol sebab alkohol berisiko meningkatkan lemak di perut. Selain itu, tidak merokok dan mengonsumsi makanan bergizi dan kaya akan serat.

Itulah beberapa penyakit berbahaya yang mungkin terjadi akibat perut yang buncit. Tetap menjaga kesehatan dan memiliki pola makan yang baik akan menghindarkan perut yang buncit. Selain itu, langkah pencegahan di atas bisa menjadi cara terbaik.

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *